Uncategorized

Senin, 2 November 2020 - 01:59 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Pemimpin Cerdas Berjuang Membangun Manusia

Kamu tidak harus menjadi HEBAT untuk memulai, tetapi kamu harus memulai terlebih dulu untuk menjadi HEBAT.

Kata-kata motivator asal Amerika, Zig Ziglar mengawali tulisan sederhana ini dan quotation ini sangat tepat dilekatkan pada sosok sederhana yang selalu berjuang beriringan dengan perjuangan keras dalam kariernya.

Berjuang dengan segala keterbatasan menjadi modal utama untuk tidak pernah berhenti memperjuangkan segala mimpinya; Berjuang melewati segala rintangan menjadi lumrah baginya untuk menggapai cita-cita; Berjuang demi kebaikan orang banyak menjadi harapan yang masih terus diperjuangkan untuk direalisasikan; Berjuang dengan tindakan nyata, bukan bualan belaka.

Dialah figur cerdas berinisial Fridus Muga, putra Ngada. Cerdas Bermimpi, Cerdas Berpikir dan Cerdas Bertindak (3CB) telah diwujudnyatakan oleh Fridus Muga, sehingga terbukti dan teruji dengan kehadiran lembaga-lembaga pendidikan yang dinamai CITRA BAKTI (CB) dimulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA sampai jenjang Perguruan Tinggi.

Lembaga-lembaga pendidikan tersebut hadir dengan visi mulia untuk melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat luas akan pendidikan sebagai indikator utama pertumbuhan ekonomi masyarakat. Upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas telah dilakukan oleh Fridus Muga sebagai langkah awal mencerdaskan masyarakat pada umumnya dan secara khusus masyarakat Ngada.

Kesigapannya tentang dunia pendidikan, mencerminkan kepedulian yang tinggi akan pentingnya aspek pendidikan bagi masyarakat.

Mendekatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat menjadi alasan penting lain bagi FM untuk mencurahkan hatinya mengembangkan lembaga pendidikan.

Lokasi CITRA BAKTI di Desa Malanuza yang awalnya dipadati pohon-pohon moke dan pepohonan lainnya, disulap menjadi magnet bagi generasi muda untuk mengasah dan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki. Pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal hidup untuk generasi muda dikonsepkan dengan baik yang dituangkan pada struktur kurikulum pada setiap jenjang pendidikan.

Siswa dan mahasiswa tidak sekedar lulus dengan bukti selembar ijazah, tetapi didukung juga dengan kecakapan tambahan yang menunjang mereka di kehidupan mendatang dan dunia kerja.

Tidak mengherankan, dari Rahim Citra Bakti, terkhusus STKIP Citra Bakti melahirkan guru-guru berkualitas yang hadir untuk membantu mengembangkan sumber daya manusia Ngada dan sekitarnya sampai pada skala nasional.

Profesi guru sebagai profesi mulia yang melahirkan profesi-profesi lainnya dan kehadirannya akan terus dibutuhkan oleh masyarakat.

Sebagai pemilik Yayasan Pendidikan Citra Masyarakat Mandiri (YAPENTRI) yang menyelenggarakan 5 (lima) lembaga pendidikan bukan menjadi hal baru bagi FM untuk berjuang demi kebaikan orang banyak; dengan terus melihat situasi, peluang dan kebutuhan masyarakat pak Fridus Muga selalu menorehkan gagasan-gagasannya menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat.

Bersama Fridus Muga, telah memberikan pembelajaran hidup bermakna untuk senantiasa berjuang di segala situasi dengan mengoptimalkan daya juang yang dimiliki dan berani berjuang dalam keterbatasan.

Berangkat dari kebebasan dalam memperjuangkan segala mimpinya, Fridus Muga pun memberanikan diri untuk ikut terjun dalam dunia politik guna membangun Ngada melalui jalur independen.

Mencalonkan diri melalui jalur independen memiliki jalur yang relatif lebih sulit dibandingkan maju lewat jalur politik.

Jalur independen tersebut dipilih sesuai dengan jati dirinya; identitas diri yang terkenal dengan idealisme tangguh untuk mementingkan suara rakyat sebagai simbol dan sejarah baru dalam kancah politik Ngada.

Fridus Muga selalu yakin bahwa niat baik tentu melahirkan hal baik yang pasti tetap bertahan pada nuansa kebaikan dalam situasi apapun. Hal ini seirama dengan pernyataan Paulo Coelho, seorang penulis novel terkenal asal Brazil dalam sebuah novel berjudul The Alchemist,

“and when you want something, all the universe conspires in helping you achieve it.”

Ketika Anda menginginkan sesuatu, seluruh alam semesta bersatu membantu Anda menggapainya.

Dengan segala keiklasan dan kebaikan serta kebersatuan seluruh alam semesta menjadikan sosok Fridus Muga ini sebagai Fighter Man for Ngada.

Penulis
Efrida Ita, asal Maukeli, Kec. Mauponggo, Kab. Nagekeo. Saat ini sebagai dosen tetap di STKIP Citra Bakti, Program Studi PG-PAUD.

Isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab Penulis

Artikel ini telah dibaca 791 kali

Baca Lainnya