Ekbis Sosial

Rabu, 28 Oktober 2020 - 13:17 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Handrianus Yovin Karwayu. (Foto: Ilustrasi FEC Media)

Handrianus Yovin Karwayu. (Foto: Ilustrasi FEC Media)

Pemuda NTT Harus Berani Bermimpi Besar

Refleksi Kebangkitan Generasi Muda Baru NTT dalam Merayakan Hari Sumpah Pemuda ke-92, 28 Oktober 2020

Oleh Handrianus Yovin Karwayu*

Pemuda adalah masa depan
Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia – Bung Karno

Tahun 2020 menjadi tahun penuh tantangan yang akan tercatat dalam sejarah peradaban manusia. Seluruh dunia mengalami kesulitan, menghadapi satu musuh bersama yaitu covid-19. Wabah yang menelan banyak korban jiwa, meruntuhkan banyak usaha-usaha, ekonomi terguncang, bahkan mengubah tatanan kehidupan masyarakat. Dunia berubah begitu cepat. Dunia mengalami lompatan dalam sekejap.

Menghadapi perubahan yang sedemikian cepat, dibutuhkan kesiapan, dibutuhkan stamina termasuk kreativitas dalam berpikir dan bertindak. Pemuda sebagai masa depan dunia, masa depan bangsa, masa depan masyarakat, harus peka dalam melihat berbagai fenomena di tengah masyarakat dan senantiasa bergerak menjadi agen perubahan.

Tentu termasuk kita, Generasi Muda Nusa Tenggara Timur (NTT). Generasi Muda NTT yang baru, di era milenial ini harus tampi beda, tampil penuh percaya diri, dengan pemikiran positif, saling berangkulan dengan semangat kolaborasi dan berbagai inisiatif creative. Menjadi Pemuda NTT yang bukan hanya tertarik pada hal-hal umum, yang diwariskan generasi-generasi lampau. Tapi punya cakrawala baru dan memulai peluang baru. Berpikir besar dan bertindak produktif.

Keluar dari zona nyaman, stigma atau persepsi umum di masyarakat NTT. Kalau di masa lampau PNS menjadi cita-cita sebagian besar generasi muda kita, maka di masa kekinian penting untuk melirik cita-cita, pekerjaan pada bidang-bidang lain. Menjadi seorang entrepreneur bisa jadi satu lompatan besar bagi pemuda NTT. Maka penting sekali kita para pemuda mulai menyiapkan diri, lalu mulai bertindak, mengambil inisiatif.

Melihat realita masyarakat yang ada di tengah-tengah kita, lalu diolah dan dijadikan peluang baru untuk berusaha. Ada banyak hal di masyarakat kita yang bisa jadi peluang bagus yang belum dilirik dan digarap secara optimal.

Maka di moment Hari Sumpah Pemuda ke-92, saya sebagai salah satu Pemuda NTT yang mengambil langkah berbeda, merintis usaha mengemas dan memasarkan hasil tanah NTT, mengajak kita segenap insan muda. Teman-teman seumuran, adik-adik yang masih menempuh pendidikan. Untuk mulai berani bermimpi besar. Lalu mulai menuliskan rencana-rencana yang nantinya akan jadi satu gerakan besar kedepan.

Menjadi NTT YoungPreneurs. Pengusaha Muda NTT yang keren dan bisa membuat bangga tanah kelahiran.

Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-92!

*Penulus; Founder BANGFLO INDONESIA.

Isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggungjawab Penulis

Artikel ini telah dibaca 461 kali

Baca Lainnya